“Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah
kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan secara nasional
pada mata pelajaran tertentu” (Permendikbud, 2015) [1]. Ujian nasional yang
setiap tahun diselenggara-kan Pemerintah, sebagai bagian dari evaluasi proses
pembelajaran pada akhir masa studi jenjang pendidikan tertentu, pada dasarnya
merupakan kewajiban negara sebagai bagian dari pelayanan pendidikan. Hal ini
seperti tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Anbarini)[2].
Ujian nasional mulai tahun 2015 tidak lagi menjadi
penentu kelulusan, kelulusan ditentukan
sepenuhnya oleh sekolah. Selain itu mulai tahun 2015 juga dilakukan perintisan
ujian nasional berbasis komputer, ujian nasional berbasis komputer hanya
dilakukan di sekolah yang siap sarana dan prasarananya, mulai dari jumlah
komputer memadai, ketersediaan server di sekolah, dan aliran listrik.
Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer dengan
ujian nasional konvensional menggunakan naskah soal dan jawaban berbeda (meski
bobot soal yang dikerjakan sama). Pada ujian nasional berbasis komputer,
pemerintah, dalam
hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, cukup
melakukan sinkronisasi data antara server sekolah
dan server pusat. Pada hari-H, pengawas mengunduh kata kunci (password) dan
token (kode pengamanan). Pada saat ujian, siswa menerima kata kunci, masuk ke
aplikasi naskah (login), dan mengerjakan soal. Para siswa cukup meng-klik
pilihan jawaban (Permanasari)[3].Namun bagi sebagian siswa ujian nasional
berbasis komputer justru menjadi tekanan tersendiri, terutama bagi siswa yang
tidak terbiasa menggunakan komputer untuk ujian dan lebih terbiasa menjawab
soal ujian di kertas Lembar Jawab Komputer (LJK).
Melihat hal itu penulis ingin merancang suatu aplikasi
yang bertujuan untuk memudahkan siswa berlatih dalam mengerjakan simulasi
soal-soal tes ujian nasional. Untuk mengatasi permasalahan di atas penulis akan
membuat tugas akhir dengan judul : “Perancangan Dan Pembuatan Simulasi Ujian
Nasional Berbasis Komputer Menggunakan PHP MySQL”. Dengan simulasi ujian
nasional ini diharapkan dapat membuat para siswa terbiasa menjalani ujian
nasional berbasis komputer, sehingga nilai yang didapatkan oleh siswa menjadi
maksimal.
Berdasarkan latar
belakang masalah yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan permasalahan
yang dihadapi yaitu bagaimana merancang dan membangun simulasi ujian nasional berbasis komputer menggunakan PHP MySQL,
sehingga membuat para siswa terbiasa menjalani ujian nasional berbasis
komputer.
Batasan masalah dalam
penulisan tugas akhir ini adalah sebagai berikut :
1.
Aplikasi ini berbasis web dengan web server Apache, bahasa
pemrograman PHP dan database MySQL.
2.
Aplikasi ini hanya membantu
siswa agar terbiasa menjalani ujian nasional berbasis komputer yaitu
dengan memberikan contoh-contoh soal
latihan ujian nasional dan tidak membahas mengenai pengaruh aplikasi terhadap
hasil nilai ujian nasional.
3.
Aplikasi simulasi ujian
nasional ini ditujukan untuk siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) dan terbatas pada mata pelajaran yang akan
diujikan pada ujian nasional, yaitu : matematika, bahasa indonesia, bahasa
inggris, dan teori kejuruan.
4.
Aplikasi simulasi ujian
nasional hanya dapat diakses dengan komputer yang terhubung dengan jaringan
LAN (Local Area Network).
1.4
Maksud dan Tujuan
Penelitian
Penelitian ini
memiliki tujuan untuk menghasilkan aplikasi simulasi ujian nasional berbasis
komputer menggunakan PHP MySQL,
sehingga membuat para siswa terbiasa menjalani ujian nasional berbasis
komputer.
Tahapan pengembangan ini merupakan tahap dimana terdapat beberapa
metode yang dilakukan dalam penelitian dan pengumpulan data, agar aplikasi yang
nanti akan dibuat dapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan.
1.5.1
Metode Pengumpulan Data
Pengumpulan data ini dilakukan untuk memperoleh
data-data yang nantinya akan digunakan dalam penelitian tugas akhir ini. Metode
pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu dengan studi pustaka. Studi
pustaka yang dilakukan dengan tujuan memperoleh data melalui buku-buku literatur
yang memiliki keterkaitan dengan penelitian sebagai bahan referensi, termasuk
bahan-bahan yang diperoleh melalui bangku perkuliahan. Buku referensi dan buku
pegangan umum yang dipakai berhubungan dengan masalah yang dihadapi guna
membedakan dan memperoleh pendekatan teoritis juga untuk landasan teori yang
mendukung pembahasan, juga melalui media internet untuk memperoleh data yang
berkaitan guna menunjang kelengkapan data.
1.5.2
Metode Analisis
Tahap ini digunakan untuk menganalisis masalah
yang ada, untuk menentukan kebutuhan hardware
serta software yang diperlukan dalam
pembuatan aplikasi dan untuk menentukan batasan dalam pembuatan aplikasi.
1.5.3
Metode Perancangan
Dalam tahap ini akan dibuat rancangan yang
diperlukan untuk pembuatan aplikasi simulasi ujian nasional, baik rancangan
terhadap data dan proses. Dalam pemodelan data akan dibuat perancangan Use Case Diagram, Activity Diagram, Entitas
Relationship Diagram (ERD), relasi antar tabel, struktur tabel dan desain interface yang akan diterapkan pada
aplikasi simulasi ujian nasional.
1.5.4
Metode Pengembangan
Untuk menterjemahkan hasil rancangan
kedalam bentuk aplikasi, maka dilakukan pengkodean program yang merupakan
implementasi dari desain dan perancangan sehingga dihasilkan sebuah aplikasi
simulasi ujian nasional.
1.5.5
Metode Testing
Metode testing ini digunakan untuk menganalisa suatu identitas
sistem untuk mendeteksi, mengevaluasi kondisi dan fitur-fitur yang diinginkan
dan mengetahui kualitas dari suatu sistem yang dilakukan untuk mengeliminasi
kesalahan yang terjadi saat sistem di terapkan. peneliti menggunakan
metode Black Box karena metode Black Box dapat
mengetahui apakah perangkat lunak yang dibuat dapat berfungsi dengan benar dan
telah sesuai dengan yang diharapkan.
Uraian singkat
mengenai struktur penulisan pada masing-masing bab adalah sebagai berikut:
BAB I BAB II BAB III BAB IV BAB V |
PENDAHULUAN Membahas Latar Belakang
Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Maksud dan Tujuan
Penelitian, Metode Penelitian
serta Sistematika Penulisan. LANDASAN TEORI Memaparkan
teori-teori yang didapat dari
sumber-sumber yang relevan untuk digunakan sebagai panduan dalam penelitian serta penyusunan
tugas akhir. ANALISA
DAN PERANCANGAN Berisi
tentang analisis dan perancangan sistem serta komponen-komponen
pemodelan sistem yang digunakan, yaitu Perancangan Sistem, Perancangan Data, Perancangan
Arsitektural, Perancangan Prosedural dan Perancangan Antarmuka. IMPLEMENTASI
DAN PEMBAHASAN Bab ini berisikan uraian hasil dari aplikasi yang telah dibuat, pengertian implementasi sistem,
tujuan implementasi sistem, spesifikasi sistem, dan pengujian sistem dan
tampilan halaman. PENUTUP Mengemukakan kesimpulan
yang diambil dari hasil penelitian dan penulisan tugas
akhir ini, serta saran-saran
untuk pengembangan selanjutnya, agar dapat dilakukan perbaikan-perbaikan di
masa yang akan datang. [1] Peraturan Mentri Pendidikan
Kebudayaan No. 5 Tahun 2015 Pasal 1 Tentang Penyelenggaraan Ujian Nasional Pada
SMP/MTs Atau Yang Sederajat Dan
SMA/MA/SMK Atau Yang Sederajat.
[2] Anbarini, Ratih. UN: Hak Siswa,
Kewajiban Negara. http://kemdikbud.go.id/ kemdikbud/node/3745 (diakses 10
Oktober 2015).
[3] Permanasari, Indira. Perbedaan
Ujian Nasional Tahun Ini. http://print.kompas.
com/baca/2015/04/14/Perbedaan-Ujian-Nasional-Tahun-Ini (diakses 10 Oktober
2015).
|
0 komentar:
Posting Komentar